Sebagai anak baru di dunia artist-couple shipper, saya beberapa kali mundur selangkah untuk melihat keadaan. Dan ternyata dunia ini cukup menyenangkan untuk dianalisa, hahahaa. Well, awalnya tentu karena I spend most of my nights scrolling through my Explore tab and read (almost all) comments. Kadang mengernyit, kadang tertawa, dan seringnya berkomentar sendiri semodelan begini:

“aduh, gemas!”

“Ah, masa sih?”

“Nggak mungkin, nih!”

“Duh, kok bisa samaan?”

“Ini kode apa, ya?”

“Haduuuuuuhh, baperr!”

“Yah, kapal karam kalo begini ceritanya!!”

Dan seterusnya.

Tapi ada juga momen, di mana saya mencoba menganalisa, ini dunia apaan, sih? Lalu lama-lama sadar, nggak usah dipikirin banget, lah! Hahahaha. This thing is real but unreal. It is real because real human involved there, it is unreal because we just watch their life through social media. In the end, the least we can do is pray. Ya kan? Katanya sayang sama idolanya, maka berdoalah. Berdoalah untuk semua hal baik. Supaya waktu yang ‘terbuang’ merhatiin hal-hal yang nggak ada di lingkaran 1-2-3 kehidupan kita, baiknya didoain aja. Ucapin terima kasih karena udah membawa kebahagiaan hanya via foto, video, dan berita. Jangan dibawa pusing gituuu, dibawa happy aja. Kalau dibawa pusing, ujungnya cuma menimbulkan gesekan. Riuh rendah receh yang nggak berfaedah.

Gesekan gimana?

Sebelum membahasnya, kita samakan dulu persepsi shipping, ya. Shipping di sini bukan istilah pengiriman barang, hehehe, melainkan tentang rasa suka melihat pasangan fiksi yang diperankan oleh aktris atau aktor yang ternyata terlihat memiliki percikan saat sedang tidak di dalam layar alias di kehidupan nyata.

Kayak yang di bawah ini, hahaha. Ini bloopers dari video interview promo di KapanLagi. GEMES GAK? x))

 

via GIPHY

Shipping is a verb used to describe the action of wishing for two people to enter a relationship (whether romantic or occasionally platonic) in books, movies, tv shows or real life. Shipping can often happen involuntarily, and it is the majority of what happens on the website, Tumblr. There are some very popular ships, some unpopular, as well as often lots of controversy between ships from the same fandom. (www.urbandictionary.com)

Gesekan akhirnya timbul karena kadang-kadang kedua individu ini memang menyembunyikan kenyataan hubungannya sehingga masing-masing kelompok tentunya ingin bersikeras dengan apa yang diyakininya. Misal ada artis Tuti, main film sama Bondan. Tuti dan Bondan terlihat cocok dan gemes banget berdua, terlihat mesra saat off-cam, sering terciduk berduaan saat sedang tidak syuting, dan akhirnya menimbulkan opini bahwa mereka ngedate! Lalu Bondan main film lagi sama Santi. Nah, pasti muncul juga shipper Bondan-Santi. Lalu mulailah perang antar fans, hahahha. Tau-tau, Bondan main film lain sama Tanti. Muncul lagi kapal Bondan-Tanti. Jadi udah ada tiga kapal shipper, nih. Timbul, deh, gesekan. Gesekan antar pendukung, hahaha. Receh, ya? Tapi ini seru juga buat hiburan.

Karena saya lagi ngefans sama Iqbaal dan Vanesha, saya iseng mencoba mengelompokkan tipe shipper di dunia Baale dan Lia. Terima kasih dulu buat Anya yang udah membantu melengkapi sampai ketemu enam tipe di fandom yang lagi hangat di tanah air!

IQBAAL-VANESHA, MY LIFE!

Tipe pertama adalah pendukung garis depan! Pokoknya yakin banget mereka itu jodoh banget dan nggak rela kalau mereka berpisah dan nggak jadian beneran di dunia nyata. Dan bawaannya mau patah hati aja setiap hari kalau emang lagi ada hal-hal yang menggoyang kapal. Akun-akun ini nggak nge-gas, sih, tapi pintar membawa fans terbuai. Biasanya beberapa akun akan klaim kalau mereka adalah official fanbase account. Buat Dilan sama Milea ini sebetulnya ada @dilanmileafc di IG, tapi sedang tidak aktif karena waktu itu ada yang mau nge-hack katanya. Tapi selain itu ada @mileadilan.ofc (yang katanya resmi dari Iqbaal) dan juga @mileadilanfc (yang katanya resmi dari Pidi Baiq). Mereka akan berusaha menjaga kebaperan yang ada. Biasanya hidup shippers jadi hambar kala timeline dari akun-akun offical ini adem, karena masa promo film udah habis, but relax… the ship is still sailing!

STILL SHIPPING BUT KEEPING IT REAL!

Ada juga garis kedua yang komat-kamit deg-degan berdoa tiap hari supaya hubungan kedua ini bisa tetap dipantau baik-baik saja. Tapi tidak sekeras garis pertama, nih. Kalau tiba-tiba ada berita yang kurang enak dilihat, mereka gak patah arang dan menganggap ini hanyalah cobaan.


Fans yang tipe ini auranya positif, nggak gampang marah, malah kadang-kadang membawa hawa positif buat fandom. Dari mulai bikin editan yang lucu, caption yang out of the box, sampe meme model begitu tuh! Hahahaa. They always try to make everybody happy. 

#TEAMIQBAAL // #TEAMSASHA

Tipe ketiga adalah pendukung masing-masing individu tanpa peduli apakah Iqbaal dan Vanesha adalah jodoh di dunia nyata atau enggak. Apapun ceritanya, masing-masing mendukung pilihan si artis sepenuhnya. Fans di garis ini juga biasanya netral soal pasangan masing-masing idolanya, tapi kadang-kadang pernyataan dukungannya bisa menyakiti fans sebelah. Beginilah tampilan feed masing-masing tim:

Kalau udah masuk waktu bagian perang komen, waaahh, ini enak banget buat dibaca. HA HA HA. Hiburan di kolom komen, lah! Oh kadang komennya bukan di IG mereka ya, tapi di postingan di artis. SERU KAN?!

09.00 : AKU UDAH MOVE ON! // 10.00 : HADUH, BAPER LAGI!

Selanjutnya, mari bertemu sama anak baru dalam kancah pemujaan artis. Karena sebelumnya punya kehidupan nyata, sekarang agak terganggu stabilitasnya karena mulai terobsesi untuk mengikuti arus. Mau naik kapalnya, sih, tapi takut nggak bisa turun. Tapi kalo nggak ikutan naik, nanti rindu. AAKK!! Dan akhirnya, munculah komen-komen yang bikin kita bisa melihat betapa labilnya geng sebentar move on sebentar baper. Siapa yang perasaannya kayak meme yang dibuat sama @prettyrelevant ini? NGAKU! x)) #TakInginSendiri

Kelompok orang-orang yang tadinya udah nggak peduli sama kehidupan artis pujaannya, mau move on aja biar kehidupan kembali normal, tapi sejam kemudian di Explore atau Timeline ketemu lagi sama foto atau video (biasanya throwback, apalagi material baru) yang bikin baper. Lelah jadi fans yang di sini. Jadi kalau ada postingan model begini:

Pasti ada aja komen begini:

Termasuk sayaaa! [nunjuk muka sendiri]

MALES SAMA VANESHA

Lucunya di dunia shipper Iqbaal-Sasha, nggak ada tim yang kontra ke Iqbaal. Eh, ada sih mungkin, tapi saya nggak nemu. Tapi di lingkaran saya berprinsip: pokoknya semua sayang Iqbaal. Ini mungkin terjadi karena Iqbaal udah punya kolam fans sendiri sejak kecil kali, ya? Jadi loyal fansnya udah jutaan. Sehingga apapun yang idola mereka lakukan akan dianggap baik, didukung, bahkan ditiru. Kalau Iqbaal berkelakuan rebel sedikit, akan dengan mudah dimaklumi. Walau ada, sih, beberapa fans yang sudah menikah dan punya anak, biasanya akan (sedikit) protes kalo Iqbaal ketahuan melakukan sesuatu yang dianggap nggak pantas. Padahal ibunya Iqbaal juga bukan, tapi bawaannya protektif, hahahah!

Nah, karena Iqbaal main film Dilan 1990 berpasangan sama Vanesha, nggak sedikit fans Iqbaal kemudian menjadi shippernya Iqbaal dan Sasha. Susahnya, Vanesha belum punya loyal fans kehatian kayak ke Iqbaal. Jadi pas Sasha bergerak sedikit yang dianggap kurang sesuai, langsung marah-marah ke Sasha, dan menganggap Sasha ini nggak tau diuntung banget. Udah disayang sama Baale, eh disia-sia. Gitu anggapannya. Lalu akhirnya keluarlah statement “males ah sama Sasha, ilfil pokoknya!”

psstt, padahal gak tau juga sebetulnya Baale kayak gimana ke Sasha, dan sebaliknya! x))

Terserah Baale dan Sasha sekarang mau sama siapa, tapi JODOH NGGAK AKAN KE MANA!

Yup, they believe nobody knows what the future holds, so what? Mau ada foto Iqbaal cium sayang ke perempuan lain di sekolahannya nun jauh di Amerika sana, dan ada Sasha posting foto sama Adipati, ya bodo amatlah!

Fandom yang ini percaya bahwa mata nggak bisa bohong, their staring game were too strong, dan mereka berdua sedang membohongi diri sendiri. Karena Iqbaal dan Vanesha masih akan main tiga film bersamaan inilah yang dipercaya akan menjadi pemantik kemesraan gemes kembali.

PEMADAM KEBAKARAN

Terakhir ada tipe shippers yang berusaha untuk mendinginkan fandom. Masing-masing kubu ada pemadamnya, nih. Ada yang serius banget akunnya. Kerjaannya menganalisa dan berusaha netral untuk semua sisi dan ada yang menjaga kehaluan fandom agar tetap hqq. Nah, dari followers geng pemadam kebakaran ini, ada aja yang lucu dan bikin ketawa. Hobinya jemputin netizen yang gak bisa tahan jempol untuk komen jahat di akun sebelah.

Ada banyak akun, sih, tapi yang paling terkenal ya @teori.dilan x)) Tempat di mana Fandom Dilanisme berkumpul, mengaduh, menangis, tertawa, dan mencibir bersama. Khusus akun-akun pemadam kebakaran ini nggak perlu saya sensor, lah, ya? Dikunci juga akunnya, hahaha. Terus ada banyak juga akun fanfiction tempat orang-orang ngumpul berkhayal bersama-sama, salah satunya yang paling enak dibaca karena tata bahasanya baik adalah @2way.monologue 🙂 atau bisa cek @rindukamudisisi kalau mau yang agak halu banget tapi bikin adem, karena isi cerita dan komen-komennya dari mamak-mamak yang pintar, berpengalaman, dan baik hati. Butuh video buat jaga rasa baper? Cek @dilanagainsttheworld ya! Dijamin garukin tembok!

Kalau butuh recehan untuk menetralkan suasana, bisa cek @pipisipa @motor.abduldilan @kindof27 (ini kadang lucu, kadang menyayat hati), biasanya mereka bikin konten receh yang bikin semua senang! Model begini:

Sayang banget akun yang bikin meme sinetron indosiar ini lagi menghilang. Entah ganti nama, entah deactivated, entah emang dihapus. Semoga lekas kembali, ya, Dom!

Diantara tujuh tipe shipper ini, ada aja sih terselip golongan-golongan yang merasa paling oke karena sering diperhatikan oleh Iqbaal atau Sasha, ada yang merasa eksklusif karena udah pernah ketemu anggota keluarganya, ada juga yang model jumawa karena sering ngobrol via direct message, atau ada yang merasa udah deket banget karena pernah selfie bareng. Ujungnya merasa paling tahu segalanya, padahal baru juga sekali ketemu. Atau iya udah berkali-kali ketemu, tapi cuma saling sapa “halo” udah aja, tanpa ngobrol selayaknya teman.

Emang dunia artis begini penuh dengan halusinasi, ya. Nggak cuma di Indonesia, di luar negeri pun, sampe disebut delulu alias delusional. Iyah, sama aja, kakak! Sedihnya, nggak sedikit artis yang nggak kuat sama perhatian berlebihan cenderung posesif fans yang berujung depresi dan akhirnya bunuh diri 🙁 Jangan sampe, ya! Kan kita mah sayang sama mereka. Mereka udah bikin kita bahagia, masa mereka nggak boleh bahagia juga?

Anyway, kalau saya termasuk yang sejam move on tapi sejam kemudian baper lagi hahaha. Tapi saya shipper gengsi, sih, nggak majang-majang amat kalau lagi kagum di timeline. Paling posting sesekali di Insta-story, sama ada satu video yang saya bikin sendiri saking gemesnya sama mereka berdua. Hobi ABG zaman sekarang ternyata tebar kode via feed IG. Dulu kita mainan #NowPlaying, kalau sekarang #LookAtMyFeed haahahhahaa.. Padahal nggak tau juga apakah ini beneran kode atau cuma cocoklogi perasaan doang. Padahal lagi, ya, dulu udah dikasih tau Bapak, yang nama “perasaan” atau “kayaknya” udah pasti nggak bener, eh masih aja dirasa-rasa HUAHUAHUAA!

Ada yang lagi ngefans sama Iqbaal dan Sasha gara-gara film Dilan 1990? Hayoo, termasuk yang mana?

13 thoughts to “Tipe Shippers Iqbaal & Sasha

  • Puty

    Sazzzz ya Allah niat benerrr postnya panjang dan bikin ketawa2 sendiriiiii hahahahaha…. semua sayang iqbaallllll love!

    Reply
    • sazqueen

      HA HA HA! Udah buk, udah insyaf ini harusnya. #SemuaSayangIqbaal

      Reply
  • Nenglita

    Cuma mau komen: GUE BILANG JUGA APAAAAAA??!!!!!

    *ngakak guling2*

    #semuasayangIqbaal
    #IqbaalCalonMantuku

    Reply
    • sazqueen

      AMPUN, LITA! hahahhaa… gimana ini update-an blog gua isinya mereka doang, ya toloonggg!! hahahaha HESTEKNYA BOLEUGHAA! Gua pun bisa pakai #IqbaalCalonMantuku yha! hahaha

      Reply
  • Sari

    Ya elaah.. Sbg shipper yg gengsi, gw mah stalking trus kerjaannya, bela2in smp mampir kesini krn @pipisipa.. Tp msh mikir2 utk posting di akun sendiri.. 😁😁
    Dan alhamdulillah, bersyukur krn merasa hidup ga sendiri. Ada banyak teman yang se-halu seperjuangan hahahhaha… Anyway, salam kenal Saz..

    Reply
    • sazqueen

      yasamaaa, gengsi banget ini tapi nggak tahan nggak nulis hahhaa.. nggak tahan nggak bikin video, dan akhirnya nggak tahan posting! Halu sampai kapan ini yha?! hahaha salam kenal juga Sariiii 😉

      Reply
  • dinda

    sama banget inih sejam move on sejam kemudian baper lagi. sama aku mbak, ngefans sama mereka berdua sejak dilan1990. sebelumnya mah ngeh ttg iqbaal aja nggak, sekedar tau dia anak cjr. ternyataaaaa gemesin baneeettt

    Reply
    • sazqueen

      baik! Kita satu geng haha.. image positifnya parah, sih! Jadi semua yang dilakuin dia hasilnya ngegemesyiiinnn.

      Reply
  • Safira

    Hadduuhhhhh sumpah this is true 😀😀 iaaa banget. Aku tipe yg mana sama kali yahh sama mb sejam moveon sejam kemudian baper. Fans bgt tapi ngga smpe posting palingan bikin highlight haahhaaa sama bikin video tapi gak kelar2 karena kerjaan dunia nyata. 💙💙💙

    Reply
    • sazqueen

      kerjaan nggak kelar-kelar ini nih yang paling aduhhhhh! Hari ini niatnya beresin kerjaan, udah dilirikin, postingan blog baru, tapi report belum masuk HA HA HA!

      Reply
  • acha

    wahhh alhamdulillah banyak emak2 yang sama kelakuannya kayak gw hihihi. sampe suami gw bingung, bisa2nya ngefans sama anak abg sampe explore ig dan youtube isinya iqbaal lagi iqbaal lagi. eh tp suami gw mengakui juga kalo iqbaal itu karismatik, dan pas tau vanesha ga sama iqbaal dia ikutan heran, kok bisa?

    Reply
  • Shinta

    ah senang, ada temen yang sehaluan. 🤣🤣 baru blg udah lah selesai, move on. balik liat explore IG kembaliii receehh,,, ga pernah sereceh ini hidupku sebelum ada Dilan1990. hahahah… salam kenal yaa shaz😘

    Reply
    • sazqueen

      Haii! Salam kenal jugaaaa. Hahahaa ya demikianlah gejolak hidup setelah nonton Dilan dan BTS serta promonyaaa hahahhaha semacam hidup kita teh kurang dinamikanya, ini ditambahin sama roller coaster dari Iqbaal dan Lia x))

      Reply

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *